Popular Post

Posted by : Unknown 20 Agu 2014


LUBRICATING SYSTEM ( Sistim pelumasan )

 
Mesin terdiri dari banyak komponen yang bergerak dan bersentuhan satu sama lainnya seperti :
Crankshaft, connecting rod, dan komponen mekanisme katup.
Pada saat mesin bekerja, gesekan antar komponen yang saling bersinggungan membuat mesin kehilangan tenaga, dan keausan dari komponen, bahkan mesin dapat berhenti beroperasi.
Oleh karena itu, fungsi minyak pelumas adalah mencegah kontak langsung antara dua logam yang bergesekan. 

KOMPONEN SISTIM PELUMASAN:
1. Oil pan
2. Oil Strainer
3. Oil pump
4. Dip Stick ( level gauge )
5. Oil pressure Switch
6. Oil Filter
 












CARA KERJA MINYAK PELUMAS:
1.Minyak pelumas membentuk lapisan tipis ( film minyak ) untuk melindungi lapisan logam terhadap kontak langsung antara 2 buah logam
2.Minyak pelumas mendinginkan komponen mesin
3.Membuang kotoran – kotoran dari mesin
4.Melindungi komponen – komponen dari korosi
 







MACAM – MACAM METODE PELUMASAN:
1.Model tekanan
Minyak pelumas disalurkan dengan cara ditekan, untuk melumasi komponen – komponen mesin.
 

 
2.Model percikan
Minyak pelumas dipercikkan oleh connecting rod yang mempunyai oil spoon ( sendok ).
3.Model kombinasi percikan & tekanan
Minyak pelumas dipercikkan untuk melumasi dinding silinder dan minyak pelumas ditekan untuk melumasi komponen – komponen yang lain.


POMPA OLI ( OIL PUMP )
TYPE RODA GIGI
 Pada type ini, oli dikompresikan diantara roda gigi dan body, jika salah satu roda gigi diputar, maka roda yang satunya lagi akan berputar berlawanan
Akibatnya oli yang berada diantara body pompa dan roda gigi, akan didorong keluar dari sisi inlet ke sisi outlet.

 
TYPE ROTOR
Pada pompa jenis ini drive rotor shaft dibuat eksentrik terhadap body pompa. Sehingga ketika rotor berputar driven rotor ikut berputar, tetapi terjadi perubahan jarak ( celah ) antara drive rotor dan driven rotor. Oli masuk melalui sisi inlet pada saat celah rotor lebar dan keluar melalui sisi out let pada saat celah rotor menyempit.

 
 
THROCHOID TYPE OIL PUMP
 
Bagian - bagiannya
1. Drive Rotor
2. Driven Rotor
3. Relief Valve












OIL FILTER
Bagian - bagiannya
1. Check Valve
2. Element
3. Case
4. Relief Valve
 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Otomotive - nuarto - Powered by Blogger - Designed by Nuarto -