- Back to Home »
- chasis , otomotive »
- Fungsi Transmisi & Transmisi Jenis Sincromesh
Posted by : Unknown
12 Feb 2014
FUNGSI TRANSMISI
Secara umum transmisi sebagai salah
satu komponen sistem pemindah tenaga (power train)
mempunyai fungsi sebagai berikut :
1. Meneruskan tenaga / putaran mesin dari kopling ke poros propeler.
2. Merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan
3. Memungkinkan kendaraan dapat berjalan mundur (reserve)
Transmisi jenis sincromesh
dapat menyamakan putaran antara roda gigi penggerak (in put) dan roda gigi
yang digerakkan (out put). Kelebihan yang dimiliki transmisi
jenis sincromeshyaitu :
- Pemindahan gigi dapat dilakukan secara langsung tanpa nenunggu waktu yang lama.
- Suara saat terjadi perpindahan gigi halus.
- Memungkinkan menggunakan berbagai jenis roda gigi
1. Clutch hub, berhubungan dengan output shaft
melalui splin (alur), sehingga apabilaclutch hub berputar maka
output shaft juga ikut berputar.
2. Hub sleeve, dapat bergerak maju mundur pada alur bagian luar clutch
hub, sedangkanhub sleeve berkaitan dengan garpu pemindah (shift
fork). Hub sleeve berfungsi untuk menghubungkan clutch
hub dengan gigi percepatan melalui synchronizering dan gigi
konis yang terpasang pada tiap-tiap gigi sikap.
3. Sincromeh , terpasang pada bagian samping clutch
hub yang berfungsi untuk menyamakan putaran gigi percepatan dan hub
sleeve dengan jalan mengadakan pengereman terhadap gigi percepatan
saat hub sleeve digeserkan (dihubungkan) oleh garpu pemindah pada
salah satu sikap.
4. Shifting key, dipasang pada tiga buah tempat yang terdapat
pada sincromesh danclutch hub, seperti terlihat pada gambar.
Fungsi shifting key untuk meneruskan gaya tekan dari hub
sleeve selanjutnya ditekan ke sincromesh agar terjadi pengereman
pada bagian tirus gigi percepatan (dudukan sincromesh).
5. Key spring, berfungsi untuk mengunci dan menekan shifting
key agar tetap tertekan kearah hub sleeve.